Borland Delphi, Pemrograman Pascal, Program Delphi, Trik Pemrograman Delphi, Instalasi Delphi,

Friday, May 22, 2015

Deteksi Pemberitahuan

Sahabat Delphi, kali ini saya akan membahas tentang pemberitahun / konfirmasi sebelum hari H. Maksudnya ? Gini, admin akan memberikan contoh supaya para sahabat delphi paham. 

Admin mendapatkan pekerjaan membuat sistem kasir dimana setiap aplikasi yang dibuat akan mendeteksi pemberitahuan 7 hari sebelum hari ulang tahun pelanggan.. Ooo maksudnya itu, tapi gimana caranya ? Oke, admin akan sedikit menjabarkan melalui contoh di bawah ini :


  1. Pertama - tama seperti biasanya buka Delphi versi berapa saja
  2. Kemudian admin menggunakan database Firebird . Kenapa ga mysql saja ? dikarenakan kebutuhan saat membuat program ini menggunakan firebird jadi admin akan mencontohkan menggunakan database Firebird, paham ? Oke.
  3. Contoh formnya di bawah ini :

  4.  Admin menggunakan component Zeos dan DBGridEh. Kemudian untuk mengetahui pemberitahuan 7 hari sebelum hari ulang tahun maka ketik codes pada formshow seperti di bawah ini :
    procedure TFUlangTahun.FormShow(Sender: TObject);
    begin

    zdatapelanggan.Close;
    zdatapelanggan.SQL.Clear;
    zdatapelanggan.SQL.Add('SELECT * FROM PELANGGAN WHERE SUBSTRING(CAST("TGLLAHIR" AS VARCHAR(10))FROM 6 FOR 10) BETWEEN SUBSTRING(CAST(CURRENT_DATE-7 AS VARCHAR(10))FROM 6 FOR 10) AND SUBSTRING(CAST(CURRENT_DATE AS VARCHAR(10))FROM 6 FOR 10)');
    zdatapelanggan.Open;

    end;

  5. Satu hal lagi yang perlu diingat bahwa code diatas belum bisa diterapakan pada MySQL namun bisa bekerja di Firebird
  6. Demikian yang bisa saya sampaikan.

Deteksi Pemberitahuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment